PPE 2023 pertama kali hadirkan kategori khusus wanita

APD 2023 merupakan yang pertama menghadirkan kategori khusus perempuan

Jakarta (ANTARA) – Piala Presiden Esports (PPE) tahun ini untuk pertama kalinya menghadirkan kejuaraan khusus wanita melalui game Mobile Legends: Bang Bang Women.

Kepala Humas dan Komunikasi Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) Debora Imanuella mengatakan, kehadiran kategori khusus wanita di Piala Presiden Esports kali ini bertujuan untuk menciptakan ruang aman bagi para gamer wanita di Indonesia untuk bertanding.

“Turnamen putri ini sebenarnya merupakan batu loncatan. Tujuannya untuk menciptakan ruang aman bagi gamer perempuan yang ingin terjun ke ranah esports, kata Debora saat ditemui di Jakarta Pusat, Jumat.

Debora menjelaskan bahwa gaming bukanlah sesuatu yang identik dengan perempuan. Namun dalam dunia esports, sama sekali tidak ada batasan bagi gamer wanita jika ingin ikut bertarung dan menunjukkan kemampuannya.

Oleh karena itu, dengan menghadirkan kategori khusus wanita di Piala Presiden Esports kali ini, Debora berharap dapat menjadi batu loncatan bagi eksistensi gamer wanita.

“Sebenarnya penerbit game tidak pernah melarang perempuan untuk ikut. Misalnya di Piala Presiden Lokapala Esports tidak ada laki-laki atau perempuan. Tapi kalau ada gamer perempuan yang jago dan mau ikut, tidak pernah dilarang,” kata Debora .

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Penyelenggara Piala Presiden Esports 2023 Rangga Danu Prasetyo juga mengatakan bahwa eksistensi dan minat perempuan terhadap dunia esports juga semakin meningkat.

Dikatakannya, pada awal tahun lalu pihaknya juga menggelar kompetisi berskala Asia Tenggara dengan mengundang pemain dari seluruh dunia. Rupanya, tim pemain wanita asal Indonesia berhasil menjuarai kompetisi tersebut. Mereka adalah tim Bigetron Era.

Untuk itu, Rangga mengaku juga yakin Indonesia bisa kembali menciptakan kompetisi yang mengikutsertakan pemain putri.

“Saya yakin dalam hal ini kita bisa menciptakan lebih banyak lagi kompetisi di semua kategori, baik amatir, semi pro dan lain sebagainya. Ini juga bertujuan untuk regenerasi,” kata Rangga.

Pada Piala Presiden Esports 2023 yang akan diselenggarakan pada tanggal 21 dan 22 Oktober, dua tim yang akan bertanding di game Mobile Legends: Bang Bang Women adalah Bigetron Era dan RRQ Mika.

Baca juga: Dua game lokal akan dipertandingkan di Piala Presiden Esports 2023

Baca juga: Menpora RI bangga dengan perolehan medali emas Asian Games 2022
Baca juga: PB ESI Cairkan Bonus Bagi Peraih Medali SEA Games Kamboja

Wartawan: Lifia Mawaddah Putri
Redaktur: Dadan Ramdani
HAK CIPTA © ANTARA 2023

69 comments

  1. Existe – T – Il un moyen de récupérer l’historique des appels supprimés? Ceux qui disposent d’une sauvegarde dans le cloud peuvent utiliser ces fichiers de sauvegarde pour restaurer les enregistrements d’appels de téléphone mobile.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *