Pelatih nilai perkembangan pemain esports kasual ke pro meningkat

Para pelatih menilai perkembangan pemain esports biasa menjadi profesional semakin meningkat

Jakarta (ANTARA) – Pelatih tim esports Rex Regum Qeon (RRQ), Petra Giovanni menilai perkembangan pemain casual yang naik level menjadi pemain profesional di Indonesia semakin menunjukkan kemajuan.

Menurutnya, perkembangan ini seiring dengan kemudahan teknologi dan akses menonton turnamen di berbagai kelas dan level.

“Untuk pengembangan pemain kasual menurut saya sudah sangat dikembangkan. Banyak liga-liga besar yang disiarkan sehingga pemain kasual atau fans bisa lebih mudah mempelajarinya,” kata Petra dalam jumpa pers di Jakarta, Senin.

Lebih lanjut pria yang juga akrab disapa Coach Field ini mengatakan, pesatnya pertumbuhan pemain casual yang ingin meningkatkan kemampuannya di kelas profesional akan semakin meningkatkan persaingan para pemain pro.

“Saat ini di liga non-pro, atmosfer dan cara bermainnya hampir sama dengan yang pro. Perkembangannya sangat cepat dan mencari pemain akan semakin sulit karena persaingan lebih merata,” ujarnya.

Baca juga: Bold Battle of Legends 2023 adalah ajang mencari talenta esports tanah air

Coach Field juga membagikan sejumlah hal yang perlu diperhatikan oleh para casual player yang ingin naik level menjadi pro player di tim esports.

Selain kemampuan bersaing, mentalitas dan sikap yang baik juga menjadi faktor yang sangat diperhatikan tim, termasuk di RRQ.

“Tidak bisa disamakan dengan bermain seperti di hangout karena pro player harus disiplin, mau mengikuti aturan yang ada, dan rajin mengikuti turnamen lokal yang juga secara langsung mengasah mental dan kerja sama tim,” ujarnya.

Setuju, Co-founder dan CEO Team RRQ Andrian Pauline meyakini kehadiran pemain casual yang akan menjadi pro player akan memberikan warna dan regenerasi baru di dunia esports tanah air.

“Jika tidak ada regenerasi, perlahan-lahan esports secara keseluruhan akan terpuruk. Pemain-pemain baru tidak hanya memberikan warna baru, namun perkembangan ini juga menjadi peluang bagi para pemain muda yang ingin bekerja keras dan meningkatkan kemampuannya,” kata Andrian.

Baca juga: Timnas esport siap berangkat ke Romania untuk kejuaraan dunia IESF 2023
Baca juga: Pro Player Mobile Legends Bagikan Tips Naik Level

Wartawan : Arnidhya Nur Zhafira
Redaksi : Eka Arifa Rusqiyati
HAK CIPTA © ANTARA 2023

75 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *