Mendorong tumbuhnya ekonomi kreatif melalui turnamen esports

Mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif melalui turnamen esports

Jakarta (ANTARA) – Semakin canggihnya teknologi yang berkembang di tanah air, semakin banyak bermunculan industri-industri baru, salah satunya industri olahraga elektronik atau biasa disebut esports.Sempat dianggap remeh, namun siapa sangka ternyata esports semakin berkembang di Indonesia. Esports memberikan harapan baru bagi generasi muda dan Indonesia. Melalui esports, kini generasi muda bisa berkarya dan menunjukkan kemampuannya sebagai atlet. Bahkan saat ini Esports mampu meningkatkan kesejahteraan para pemainnya.

Perkembangan dunia esports di Indonesia dirasakan oleh salah satu atletnya yaitu Yosi Pramiesta atau yang dikenal dengan sebutan “Ucupbadmann”. Yosi bahkan rela meninggalkan pekerjaannya demi fokus menjadi atlet esports tanah air.

Apalagi sekarang pemainnya sudah dikontrak, mereka dapat gaji juga. Alhamdulillah ada gaji bulanan, ada fasilitas lain,” kata Yosi.

Tak hanya itu, dunia esports yang semakin berkembang bahkan digadang-gadang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia.

Berkembangnya industri game di Indonesia juga dapat membuka potensi peluang usaha dan lapangan kerja.

Hal ini diamini oleh Ketua Humas dan Komunikasi Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) Debora Imanuella. Ia meyakini eksistensi dunia esports di Indonesia semakin baik dengan animo masyarakat yang terus meningkat.

Debora menjelaskan hal itu terlihat dari semakin banyaknya turnamen esports yang digelar, salah satunya Piala Presiden Esports yang digelar pada 21-22 Oktober di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat.

Ada gebrakan penting pada kejuaraan Piala Presiden Esports tahun ini dengan dipertandingkannya dua game lokal yaitu Lokapala dan Battle of Guardians.

Baca juga: Empat Juara Baru di Sejumlah Nomor Laga Tutup Piala Presiden Esports
Baca juga: MAGI Gelar Turnamen Esports Khusus Wanita

Dengan menonjolkannya game-game lokal di ajang ini, diharapkan Piala Presiden Esports mampu memacu perkembangan industri game tanah air, sehingga game-game karya anak bangsa bisa ditampung di negeri sendiri.

Adanya turnamen berskala nasional seperti Piala Presiden Esports tentunya juga membuat para atlet, komunitas, dan developer game semakin semangat. Jika semangat ini terus dijaga dan difasilitasi, maka hal ini akan menjadi pemicu berkembangnya ekosistem esports tanah air.

Mengembangkan industri esports Indonesia, khususnya industri gaming lokal, juga menjadi salah satu tujuan pemerintah. Pemerintah menilai esports memang mempunyai peluang untuk mendorong ekonomi kreatif bagi Indonesia.

Hal serupa juga disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. Ia yakin esports bisa membuka potensi peluang bisnis dan lapangan kerja.

Bahkan, untuk terus mendukung perkembangan dunia esports di Indonesia, Sandiaga menyebut pemerintah akan segera menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) baru.

“Harapan kita kedepannya akan lebih banyak lagi game-game lokal. Karena kita akan mengeluarkan Perpres baru untuk pengembangan industri game. Karena kita ingin menjadi tuan rumah di negara kita sendiri,” kata Sandiaga.

104 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *